Jumat, 18 November 2011

Mengenal Program Pengolah Angka


Dipostingkan oleh : Nisrina Nazih Ma'rufah

 MICROSOFT EXCEL
PENGENALAN MICROSOFT EXCEL Microsoft Excel merupakan perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet) yang memiliki fasilitas sangat lengkap dan mudah sekali digunakan. Fungsi/Kegunaan Microsoft Excel, antara lain :
- Menghitung data - Penyusunan data-data - Perhitungan statistik
- Mempresentasikan data - Pembuatan tabel, grafik - Pembuatan laporan, dll
- Pengolahan data dgn rumus - Menganalisa data

# Sebuah buku kerja (workbook) di Micr. Excel terdiri dari tab-tab lembar kerja (sheet). Setiap lembar kerja (sheet) Excel terdiri dari 256 kolom (columns) diwakili oleh huruf A, B, C, …
sampai dengan IV dan 65536 baris (rows) yang diwakili oleh angka 1, 2, 3, … sampai 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell). # Sel diberi nama menurut lokasi posisi kolom dan baris.


 MEMBUAT RANGE # Saat bekerja dengan Excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu sel saja tetapi bekerja dalam daerah/kumpulan sel. Daerah/kumpulan sel (range) dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah.

 Range/daerah sel (Contoh = Range B4:E8 ) dapat dibuat dengan cara-cara seperti di bawah ini :
1. Membuat Range dengan Menggunakan Tombol Shift
a. Tempatkan penunjuk sel (Cell Pointer) pada awal range/bagian awal sel yang ingin diblok, yaitu B4.
b. Sambil menekan tombol Shift, tekan tombol anak panah kemudian geser sampai ke sel akhir, yaitu E8.
2. Membuat Range dengan Menggunakan Mouse
a. Klik sel yang merupakan sel awal range, yaitu B4. Pointer/penunjuk mouse harus berada dalam keadaan tanda plus berwarna putih (tunjuk ke dalam sel, bukan tepi sel).
b. Sambil tetap menekan tombol kiri mouse, gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan akhir yaitu sel E8.

MENGENAL MENU-MENU PENTING PADA EXCEL A. Menu File ICON
PERINTAH
SHORTCUT
KETERANGAN
New
Ctrl + N
Membuat buku kerja baru
Open
Ctrl + O
Membuka buku kerja yang pernah dibuat sebelumnya
Close
Menutup buku kerja yang sedang dibuat
Save
Ctrl + S
Menyimpan buku kerja yang sedang dibuat
Save As
Menyimpan file dengan nama lain
Print Preview
Melihat hasil buku kerja sebelum dicetak
Print
Ctrl + P
Mencetak buku kerja
Exit
Keluar dari Microsoft Excel







C. Menu View ICON
PERINTAH
SHORTCUT
KETERANGAN
Normal
Menampilkan buku kerja secara normal
Page Break Preview
Menampilkan buku kerja langsung per halaman
Task Pane
Menampilkan/menghilangkan jendela Task Pane
Toolbars
Menampilkan/menghilangkan toolbar yang diinginkan
Formula Bar
Menampilkan/menghilangkan Formula Bar
Status Bar
Menampilkan/menghilangkan Status Bar
Header and Footer
Memberi Header/Footer pada buku kerja
Full Screen
Menampilkan buku kerja secara penuh pada layar
Zoom
Memperbesar tampilan buku kerja

E. Menu Format ICON
PERINTAH
SHORTCUT
KETERANGAN
Cells
Ctrl + 1
Mengatur formal sel
Row
Mengatur format baris
Column
Mengatur format kolom
Sheet
Mengatur format lembar kerja (sheet)
Auto Format
Mengatur tampilan buku kerja secara otomatis
Conditional Formatting
Mengatur fungsi kondisi dari suatu sel
Style
Mengatur gaya/style dari sel







H. Menu Windows ICON
PERINTAH
SHORTCUT
KETERANGAN
New Window
Membuat jendela baru dengan nama file yang sama
Arrange…
Menyusun jendela berkas Microsoft Excel yang sudah terbuka
Hide
Menyembunyikan jendela buku kerja yang aktif
Split
Memecah tampilan jendela berkas

Menu Help Semua keterangan cara menggunakan Microsoft Excel terdapat pada Yang berfungsi untuk membantu pengguna ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel 


PROGRAM PENGOLAH ANGKA
Tampilan Microsoft Excel
1.      Workbook (buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)
2.      Worksheet (lembar kerja) : sekumpulan range
3.      Column : deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)
4.      Rows : deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)
5.      Cell : pertemuan baris dan kolom
6.      Range : sekumpulan sel
7.      Active cell : bagian yang ditunjukan oleh sel pointer

Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data, window, help

Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data, review, view

Bagian penting Microsoft Excel 2003
1.      Baris judul
2.      Baris menu
3.      Tombol ukuran
4.      Toolbar
5.      Alamat sel
6.      Baris formula
7.      Judul kolom
8.      Judul baris
9.      Sel
10.  Tabulasi sheet
11.  Penggulung vertical dan horizontal
12.  Task pane

Rumus yang digunakan dalam Excel
SUM : menjumlah data pada suatu range
AVERAGE : menghitung rata-rata pada suatu range
MAX : mencari nilai tertinggi pada suatu range
MIN : mencari nilai terendah pada suatu range
COUNT : menghitung banyaknya data pada suatu range

(sn)




Untuk melihat versi pptx klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar