Dipostingkan oleh : Nisrina Nazih Ma'rufah
MICROSOFT EXCEL
PENGENALAN MICROSOFT EXCEL Microsoft Excel merupakan perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet) yang memiliki fasilitas sangat lengkap dan mudah sekali digunakan. Fungsi/Kegunaan Microsoft Excel, antara lain :
- Menghitung data - Penyusunan data-data - Perhitungan statistik
- Mempresentasikan data - Pembuatan tabel, grafik - Pembuatan laporan, dll
- Pengolahan data dgn rumus - Menganalisa data
# Sebuah buku kerja (workbook) di Micr. Excel terdiri dari tab-tab lembar kerja (sheet). Setiap lembar kerja (sheet) Excel terdiri dari 256 kolom (columns) diwakili oleh huruf A, B, C, …
sampai dengan IV dan 65536 baris (rows) yang diwakili oleh angka 1, 2, 3, … sampai 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell). # Sel diberi nama menurut lokasi posisi kolom dan baris.
MEMBUAT RANGE # Saat bekerja dengan Excel, kita tidak hanya bekerja dalam satu sel saja tetapi bekerja dalam daerah/kumpulan sel. Daerah/kumpulan sel (range) dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah.
Range/daerah sel (Contoh = Range B4:E8 ) dapat dibuat dengan cara-cara seperti di bawah ini :
1. Membuat Range dengan Menggunakan Tombol Shift
a. Tempatkan penunjuk sel (Cell Pointer) pada awal range/bagian awal sel yang ingin diblok, yaitu B4.
b. Sambil menekan tombol Shift, tekan tombol anak panah kemudian geser sampai ke sel akhir, yaitu E8.
2. Membuat Range dengan Menggunakan Mouse
a. Klik sel yang merupakan sel awal range, yaitu B4. Pointer/penunjuk mouse harus berada dalam keadaan tanda plus berwarna putih (tunjuk ke dalam sel, bukan tepi sel).
b. Sambil tetap menekan tombol kiri mouse, gerakkan mouse (drag) ke sel tujuan akhir yaitu sel E8.
MENGENAL MENU-MENU PENTING PADA EXCEL A. Menu File ICON | PERINTAH | SHORTCUT | KETERANGAN | ||
New | Ctrl + N | Membuat buku kerja baru | |||
Open | Ctrl + O | Membuka buku kerja yang pernah dibuat sebelumnya | |||
Close | Menutup buku kerja yang sedang dibuat | ||||
Save | Ctrl + S | Menyimpan buku kerja yang sedang dibuat | |||
Save As | Menyimpan file dengan nama lain | ||||
Print Preview | Melihat hasil buku kerja sebelum dicetak | ||||
Print | Ctrl + P | Mencetak buku kerja | |||
Exit | Keluar dari Microsoft Excel | ||||
C. Menu View ICON | PERINTAH | SHORTCUT | KETERANGAN |
Normal | Menampilkan buku kerja secara normal | ||
Page Break Preview | Menampilkan buku kerja langsung per halaman | ||
Task Pane | Menampilkan/menghilangkan jendela Task Pane | ||
Toolbars | Menampilkan/menghilangkan toolbar yang diinginkan | ||
Formula Bar | Menampilkan/menghilangkan Formula Bar | ||
Status Bar | Menampilkan/menghilangkan Status Bar | ||
Header and Footer | Memberi Header/Footer pada buku kerja | ||
Full Screen | Menampilkan buku kerja secara penuh pada layar | ||
Zoom | Memperbesar tampilan buku kerja |
E. Menu Format ICON | PERINTAH | SHORTCUT | KETERANGAN | ||
Cells | Ctrl + 1 | Mengatur formal sel | |||
Row | Mengatur format baris | ||||
Column | Mengatur format kolom | ||||
Sheet | Mengatur format lembar kerja (sheet) | ||||
Auto Format | Mengatur tampilan buku kerja secara otomatis | ||||
Conditional Formatting | Mengatur fungsi kondisi dari suatu sel | ||||
Style | Mengatur gaya/style dari sel | ||||
H. Menu Windows ICON | PERINTAH | SHORTCUT | KETERANGAN |
New Window | Membuat jendela baru dengan nama file yang sama | ||
Arrange… | Menyusun jendela berkas Microsoft Excel yang sudah terbuka | ||
Hide | Menyembunyikan jendela buku kerja yang aktif | ||
Split | Memecah tampilan jendela berkas |
Menu Help Semua keterangan cara menggunakan Microsoft Excel terdapat pada Yang berfungsi untuk membantu pengguna ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel
PROGRAM PENGOLAH ANGKA
Tampilan Microsoft Excel
1. Workbook (buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)
2. Worksheet (lembar kerja) : sekumpulan range
3. Column : deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)
4. Rows : deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)
5. Cell : pertemuan baris dan kolom
6. Range : sekumpulan sel
7. Active cell : bagian yang ditunjukan oleh sel pointer
Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data, window, help
Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data, review, view
Bagian penting Microsoft Excel 2003
1. Baris judul
2. Baris menu
3. Tombol ukuran
4. Toolbar
5. Alamat sel
6. Baris formula
7. Judul kolom
8. Judul baris
9. Sel
10. Tabulasi sheet
11. Penggulung vertical dan horizontal
12. Task pane
Rumus yang digunakan dalam Excel
SUM : menjumlah data pada suatu range
AVERAGE : menghitung rata-rata pada suatu range
MAX : mencari nilai tertinggi pada suatu range
MIN : mencari nilai terendah pada suatu range
COUNT : menghitung banyaknya data pada suatu range
(sn)
Untuk melihat versi pptx klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar